Sunday, November 27, 2011

SERIGALA TUA


Sebuah dongeng yang diceritakan oleh mistik Arab, Sa'di:
Seorang  yang  sedang melewati hutan melihat seekor serigala yang sudah lumpuh keempat kakinya. Ia ingin  tahu  bagaimana serigala  itu  dapat  hidup  terus.  Lalu  ia melihat seekor harimau  datang  dengan  membakan  kijang  hasil  buruannya. Harimau  itu  makan  sepuasnya  dan  meninggalkan  sisa bagi serigala.
Hari  berikutnya  Tuhan  memberi   makan   serigala   dengan perantaraan  harimau yang sama. Orang itupun mulai mengagumi kebaikan Tuhan yang begitu besar  dan  berkata  dalam  hati: 'Aku  juga  akan  menganggur  di  rumah  saja  dergan  penuh kepercayaan kepada Tuhan, karena Ia  akan  mencukupi  segala kebutuhanku.'
Ia   melakukan  niatnya  berhari-hari  lamanya,  tetapi  tak terjadi apa-apa. Ketika orang yang malang ini  sudah  hampir mati,  terdengarlah  Suara:  Hai,  engkau, orang yang sesat, bukalah matamu pada pada kebenaran! Ikutilah teladan harimau dan berhentilah meniru serigala yang lumpuh!
Di   jalan   aku   melihat  seorang  gadis  kecil  menggigil kedinginan  dalam  pakaiannya  yang  tipis.  Tiada   harapan baginya  untuk  mendapatkan cukup makanan. Aku menjadi marah dan berkata  kepada  Tuhan:  'Mengapa  hal  ini  Kaubiarkan? Mengapa Engkau tidak berbuat sesuatu?'
Sementara  waktu  Tuhan  tidak  berkata apa-apa. Malamnya Ia menjawab  dengan  sangat  tiba-tiba:  'Aku   telah   berbuat sesuatu. Aku menciptakan engkau.'

Sumber :
(Burung Berkicau, Anthony de Mello SJ, Yayasan  Cipta  Loka Caraka, Cetakan 7, 1994)