Sunday, November 27, 2011

MENGUBAH DUNIA DENGAN MENGUBAH DIRIKU


Sufi  Bayazid bercerita tentang dirinya seperti berikut ini:
'Waktu masih muda,  aku  ini  revolusioner  dan  aku  selalu berdoa: Tuhan, berilah aku kekuatan untuk mengubah dunia!'
'Ketika  aku  sudah  separuh  baya  dan sadar bahwa setengah hidupku sudah lewat  tanpa  mengubah  satu  orang  pun,  aku mengubah  doaku  menjadi:  'Tuhan,  berilah aku rahmat untuk mengubah semua orang yang berhubungan denganku: keluarga dan kawan-kawanku, dan aku akan merasa puas.'  
'Sekarang  ketika  aku sudah menjadi tua dan saat kematianku sudah dekat, aku mulai melihat betapa  bodohnya  aku.  Doaku satu-satunya  sekarang  adalah:  'Tuhan,  berilah aku rahmat untuk mengubah diriku sendiri.' Seandainya sejak semula  aku berdoa   begitu,   maka   aku  tidak  begitu  menyia-nyiakan hidupku!'
Setiap orang berpikir mau mengubah umat manusia. Hampir  tak seorang pun berpikir bagaimana mengubah dirinya.

Sumber :
(Burung Berkicau, Anthony de Mello SJ, Yayasan  Cipta  Loka Caraka, Cetakan 7, 1994)